Header Ads

Suku suku yang mendiami Lampung

1. Suku semaka

Suku Semaka menempati daerah kota besar provinsi Lampung. Asal etnis Semaka dikisahkan berasal dari keratuan Semaka yang berasal dari Skalabrak, yang dalam perjalanan migrasi mereka melalui sungai Way Semaka dan menetap di lampung. kemudian membentuk koloni dan berketurunanan sehingga keturunannya yang tersebar di kabupaten Tanggamus, dan terutama terkonsentrasi di Kota Agung .
Masyarakat suku Semaka sejak beberapa abad terakhir telah menghuni kabupaten Tanggamus. Saat ini daerah mereka tidak lagi seperti pada hari-hari awal kedatangan mereka. Sekarang mereka benar-benar hidup diantara pendatang yang memenuhi wilayah suku Semaka ini. Bahkan jumlah migran telah melampaui jumlah orang Semaka di wilayahnya sendiri. 
Jadi sekarang suku Semaka seolah-olah sudah kehilangan identitas, bahkan sebelumnya bahasa Semaka sebagai bahasa asli daerah, kini digantikan oleh bahasa para pendatang baru. Terlihat di daerah seperti kerumunan di pasar, bahasa yang dominan adalah bahasa para pendatang baru. masyarakat Semaka sepertinya kehilangan kepercayaan terhadap bahasa mereka sendiri. Kaum muda tidak lagi berbicara Semaka, sedangkan kaum tuanya sudah tinggal sedikit yang menggunakannya.

2. Suku Smoung (Smong)

Suku Smoung adalah suku yang berasal dari Lampung. Suku Smoung berada di sebuah desa yang disebut Sanggi di kabupaten Tanggamus, Lampung. Masyarakat suku Smoung salah satu dari banyak sub etnik di Lampung yang membentuk komunitas etnis mereka sendiri. marga Smoung hidup sebagai komunitas adat terpencil dan dieliminasi dari realitas dinamika pembangunan daerah. Masyarakat suku Smoung masih dalam tahap keterasingan dan kemiskinan.

3. Suku Belalu

suku Belalau, adalah salah satu masyarakat adat yang tinggal di distrik Lampung Barat Provinsi Lampung. Belalau suku ini menurut cerita rakyat Belalau adalah penduduk pertama di wilayah ini dan Krui Belalau. Menurut mereka mereka tidak memiliki kebiasaan nomaden bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Seperti menurut penuturan mereka, pada awalnya sebelum kehadiran mereka di daerah ini, mereka datang dari Sekalabrak, seperti suku-suku lain di Provinsi Lampung.

No comments

berkomentar sesuai dengan jatidirimu

Powered by Blogger.