Header Ads

Bumbu Khas Batak Attarasa (andaliman/ittir-ittir)

Indonesia memang terkenal sebagai negara dengan kekayaan rempah-rempahnya yang melimpah. Hampir di semua daerah di Tanah Air mudah dijumpai bahan-bahan yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan maupun obat tradisional ini, salah satunya Sumatera Utara. Orang Batak ternyata juga memiliki rempah-rempah yang khas, yaitu adalah Attarasa. Attarasa ini sangat populer di Tanah Sumatera Utara karena memang banyak digunakan oleh masyarakat sejak dahulu.

Berbentuk Bulat Kecil

Attarasa ini merupakan buah yang berbentuk bulat kecil berwarna hijau dan berkulit licin. Dulu, buah ini sering dipakai masyarakat di Sumatera Utara untuk bermain perang-perangan menggunakan alat yang disebut dengan 'ultop' yang terbuat dari bambu berukuran kecil.

Tergolong dalam Rempah

Buah Attarasa oleh masyarakat Batak biasanya digunakan juga sebagai bumbu dalam masakan. Attarasa ini sedikit mirip dengan Andaliman, rempah terkenal dari Batak juga, namun memiliki sedikit perbedaan. Buah Attarasa ini tidak terlalu keras teksturnya. Buah ini juga termasuk dalam jenis rempah-rempah karena mengandung kandungan minyak atsiri.

Cocok untuk Membuat Sambal

Buah Attarasa ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat sambal dan bisa juga dijadikan lalapan. Buah ini akan memberikan nuansa rasa yang khas yang akan memberikan rasa menyengat saat memakan sambal dari bahan ini. Namun rasanya akan terasa lebih lezat. Buah ini juga sangat cocok untuk memberi pembangkit rasa yang ditaburkan di atas nasi putih, atau sebagai penambah rasa untuk salada tomat.

No comments

berkomentar sesuai dengan jatidirimu

Powered by Blogger.