Header Ads

Rumah Adat Joglo

Joglo adalah rumah tradisional masyarakat Jawa atau daerah lain di Indonesia yang terdiri atas 4 tiang utama. Rumah tradisional jawa terbagi menjadi dua bagian, yakni rumah induk dan rumah tambahan. Rumah Induk terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut:

1. Pendapa

Ruangan pendapa persisnya berada di bagian depan rumah. Meskipun begitu, ruangan ini tak bisa dimasuki oleh sembarangan orang yang ingin masuk ke rumah karena ada jalannya tersendiri. Ruangan ini difungsikan untuk menggelar berbagai kegiatan formal seperti pagelaran seni, pertemuan, ataupun upacara adat.

2. Pringitan

Ruangan ini letaknya berada di antara pendapa dan rumah bagian dalam (omah njero). Sebetulnya ruangan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan ruangan pendapa yaitu untuk menggelar pertunjukan seni. Namun perbedaannya, ruangan ini juga dijadikan sebagai jalur masuk.

3. Emperan

Ruangan rumah adat Joglo berikutnya disebut emperan dan menjadi ruang perantara bagi pringitan dan omah njero. Di dalam ruangan ini biasanya terdapat dua buah kursi kayu serta meja yang digunakan untuk menyambut tamu. Inilah ruangan yang digunakan untuk menerima tamu, bersantai, ataupun menggelar kegiatan umum lainnya.

4. Omah Njero

Omah njero atau nama lainnya omah mburi, atau omah ageng bermakna rumah bagian dalam. Secara spesifik, “omah” dalam bahasa Jawa bermakna hal-hal domestik, oleh karena itu fungsinya pun berbeda. Fungsi spesifik omah njero yaitu untuk digunakan sebagai tempat tinggal.

5. Senthong Kiwa

Terdapat di bagian sebelah kanan rumah, ruangan ini memiliki beberapa ruangan di dalamnya. Beberapa ruangan tersebut memiliki fungsi tertentu yang berbeda antara satu dengan lainnya. Beberapa di antaranya digunakan untuk gudang, ruang penyimpanan makanan, kamar tidur, dan fungsi lainnya.

6. Senthong Tengah

Senthong tengah, seperti namanya, berada di bagian tengah di dalam rumah. Istilah lain untuk menyebut bagian rumah ini yaitu pedaringan, krobongan, dan juga boma. Fungsi utama ruangan ini yaitu untuk menyimpan berbagai benda pusaka milik keluarga karena letaknya jauh di dalam rumah.

7. Senthong Tengen

Ruangan senthong tengen tak jauh berbeda dengan senthong kiwa baik secara fungsi ataupun pembagian ruangannya.

8. Gandhok

Gandhok merupakan ruangan tambahan yang terletak di sekeliling sisi belakang dan juga samping bangunan utama. Ruangan ini hanya digunakan untuk keperluan-keperluan tambahan yang tak dapat diakomodasi oleh rumah utama.

No comments

berkomentar sesuai dengan jatidirimu

Powered by Blogger.