Header Ads

Sie Reboh daging masakan khas Aceh

Sie Reuboh salah satu kuliner khas dan special dari Aceh Besar, bagi masyarakat lokal sendiri sie reboh sudah menjadi masakan wajib di saat memiliki banyak persedian danging seperti pada Meugang dan qurban. Sie Reboh juga salah satu masakan yang dicari para wisatawan di beberapa rumah makan di Aceh. Sie reboh punya sejarah panjang. Pengaruh perang ratusan tahun di Aceh, menjadikan makanan ini melagenda. Sie reuboh kini mudah ditemui di tiap-tiap warung nasi khas Aceh Rayeuk yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. sie reboh diracik dengan aneka rempah-rempah dan pastinya resep asli Aceh, selain itu ciri khas kuliner yang satu ini adalah banyaknya menggunakan gapah (lemak daging) yang berfungsi agar masakan ini tahan lama. Untuk cita rasa Sie Reuboh ini sangat luar biasa, mulai dari gurih, pedas, dan asam membuat kenikmatan tiada tara dan sangat pas untuk diberikan sepuluh jempol dengan rasa yang begitu khas menjadikan kuliner ini tetap menjadi primadona bagi masyarakat Aceh sendiri maupun wisatawan yang berkunjung ke Aceh. 

Dibalik kenikmatan rasa yang luar biasa ternyata kuliner Aceh yang satu ini hanya menggunakan beberapa rempah-rempah yang umum Seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, dan merica, namun juga bukan bearti untuk meracik sie reboh ini mudah, dalam memasak Sie Reboh harus memili skill khusus, umumnya tata cara memasak sie reboh di turunkan oleh keluaga kepada anaknya yang mulai dewasa. Cuka yang digunakan pun harus cuka enau. Seperti yang disampaik di awal bahwa sie reuboh bisa tahan dengan waktu hingga berbulan-bulan. Cara menyantapnya tak berubah, yakni dipanaskan dengan api yang tak terlalu besar, dan harus tetap dalam belanga tanah. Proses sie reuboh sebagai kuliner khas Aceh Rayeuk belum seluruhnya berhenti sampai di sini. Daging rebus itu bisa diolah menjadi banyak turunan.

Bahan-bahan

  1. 1 Kg daging sapi
  2. 1/4 kg lemak daging
  3. 5-10 buah cabe merah
  4. 1/2 ons cabe rawit (sesuai selera)
  5. 5-10 buah cabe merah kering
  6. 2 cm jahe
  7. 3-5 batang Kunyit segar
  8. 2 cm Lengkuas, potong tipis
  9. 30 ml Cuka aceh/Cuka Aren (sesuai selera)
  10. Garam secukupnya
  11. 1 sdt munjung cabe bubuk
  12. 5 buah cabe merah, saat akan matang masukkan ke dalam daging
  13. Air matang seperlunya

Langkah

  1. Bersihkan daging lalu potong dadu agak besar, cuci dan tiriskan airnya. Lalu masukkan ke dalam belanga tanah liat, beri garam dan aduk rata.
  2. Giling kasar cabe merah + cabe rawit + cabe kering + kunyit + jahe. kemudian tuang ke dalam daging, aduk rata.
  3. Masukkan lengkuas lalu masak daging dengan api sedang hingga air menyusut dan agak kering lalu tambahkan cuka.
  4. Tambahkan air matang hingga menutupi permukaan daging. Masak lagi dengan api kecil hingga air menjadi kering.
  5. Setelah air kering, masukkan cabe merah utuh kedalamnya, aduk2 lalu matikan api.
  6. Tujuan penambahan cabe merah utuh disini karena setiap kali akan di makan, maka sie reuboh ini harus dipanaskan terlebih dulu agar lemak dagingnya mencair, setiap kali dipanaskan cabe akan hancur pelan2 dan citarasa pedas tetap terasa.

No comments

berkomentar sesuai dengan jatidirimu

Powered by Blogger.