Header Ads

Taman Wisata Iman wisata yang memesona

Setiap orang punya ketertarikan sendiri untuk menikmati liburan apa yang ia sukai. Ada yang suka traveling ke gunung, pantai atau air terjun. Sumatera Utara punya Taman Wisata Iman untuk anda penyuka wisata religi. Tidak menutup untuk hanya satu agama melainkan bisa dikunjungi semua agama, karena di dalamnya terdapat gereja, kuil, vihara dan mesjid. Terletak sekitar 10 km dari Ibu Kota Kabupaten Dairi, yakni Sidikalang, dan sekitar 154 km dari kota Medan. Penduduk sekitar menuturkan bahwa Bupati Dairi tahun 2001 yang pada saat itu dijabat oleh Parulian Tumanggor mendirikan lokasi yang didalamnya terdapat fasilitas ibadah dan wisata rohani untuk kelima agama yang terdapat di Indonesia. Gagasan itu diwujudkan melalui dialog bersama dengan seluruh tokoh-tokoh agama dan masyarakat yang ada di Kabupaten Dairi untuk membahas realisasi dari rencana tersebut.

 


Taman Wisata Iman atau disingkat TWI adalah sebuah tempat wisata religi yang didalam kawasannya terdapat tempat-tempat ibadah yang diakui di Indoneisa. Luas tempat wisata Taman Wisata Iman diperkirakan mencapai 13 hektar atau sekitar 130.000 meter persegi. Banyak terdapat pohon besar dan kontur tanah yang berbukit-bukit, membuat tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk buat kamu yang males gerak. Kalau main kesini kamu bakal dipaksa gerak dengan berjalan kaki, karena kendaraan ngga bisa masuk kedalam tempat-tempat ibadah yang merupakan tujuan utama wisata ini. Kita Flashback Sejenak Ke Masa Pembangunan TWI

Sejarah Taman Wisata Iman

Dilinasir dari beberapa sumber, pembangunan Taman Wisata Iman ini diprakarsai oleh Bupati Dairi yang pada saat itu dijabat oleh Dr. Master Parulian Tumanggor pada tahun 2001. Beliau membuat rancangan dan memilih sebuah kawasan hutan yang berada di tepi jalan di desa Sitinjo Kabupaten Dairi. Berselang beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2005, Bapak Prof. Dr. Said Agil Husin Al Munawwar yang menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan tempat wisata religi di Sumatera Utara ini.


Lokasi Taman Wisata Iman

Taman Wisata Iman terletak di Desa Sitinjo yang berada di perbukitan Sitinjo Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara. TWI memiliki luas 130.000 meter persegi dan terletak sekitar 10 kilometer dari Sidikalang dan sekitar 154 kilometer dari kota Medan.


Rute menuju Taman Wisata Iman jika start nya dari kota Medan, pertama kita harus berangkat menuju kota Berastagi. Tempat Asik saranin ke kamu sebelum lanjutin perjalanan berikutnya, nikmatin dulu keindahan kota Berastagi. Nah setelah tiba di Kota Berastagi kamu lanjut perjalanan menuju Kabanjahe, didepan kamu akan ketemu pertigaan (simpang tiga), ambil jalur ke kanan ya, karena kalau ke kiri itu menuju kota Siantar. Dari pertigaan tersebut kamu jalan terus memasuki kawasan perbukitan Indah. Dijamin deh perjalanan nggak bakalan bosen karena pemandangannya emang indah, nggak akan ditemukan di kota-kota. Ada satu lagi spot yang menakjubkan ketika diperjalanan, kalian akan menemukan air terjun yang tepat berada ditepi jalan. Air terjun Lae Pendaroh namanya. Perjalanan dari Kota Medan menuju TWI bisa ditempuh kurang lebih sekitar 4 jam. Taman Wisata Iman tepat berada di sebelah kiri jalan, kalau kamu kelewatan, patokannya mungkin depot pertamina yang nggak jauh dari gerbang TWI.

Hal Menarik Di Taman Wisata Iman

Banyak hal menarik dari tempat wisata religi ini, mulai dari bangunan yang ada hingga kondisi alam TWI sendiri. Dari segi bangunan misalnya, ada sebuah kapal yang merupakan representasi dari kapal Nabi Nuh Alahissalam, gerbang cantik seperti pura dan tentunya bangunan-bangunan yang menggambarkan symbol-simbol agama yang diakui di Indonesia. Menariknya dari tempat wisata ini adalah kondisi alamnya yang berbukit-bukit. Untuk menikmati semua keindahan yang ada ditempat ini kita harus menjelajahinya dengan berjalan kaki. Menaiki dan juga menuruni anak tangga yang sudah disedikan. Didalam kawasan wisata religi yang ada di Desa Sitinjo ini tidak terdapat angkutan umum resmi, kita memang diharuskan untuk berjalan kaki. Ada sih beberapa tukang ojek, tapi hanya mengitari jalan umum saja.



Seperti peruntukannya yaitu sebagai sarana ibadah dan juga rekreasi, di Taman Wisata Iman kita bisa mengunjungi dan memperkenalkan ke anak-anak, rumah-rumah ibadah maupun symbol-simbol agama dari 5 agama yang ada di Indonesia.

Beberapa spot menarik yang ada di TWI

1.Masjid dan simbol Islam lainnya

Masjid adalah salah satu bangunan yang ada di Taman Wisata Iman, bangunan masjid ini bukan hanya replika, tapi beneran masjid yang bisa digunakan untuk beribadah. Di sekitar masjid juga dibangun replika Ka’bah, jumroh dan juga tempat sa’i yang dapat menggambarkan sedikit dari kegiatan ibadah haji di Makkah Al Mukarromah. Lokasi masjid ini berada di paling ujung jika kita masuk dari gerbang utama, dan berada di titik pertama jika kita masuk dari gerbang akhir.


2. Bahtera Nabi Nuh As

Tak jauh dari area peribadatan ummat Islam, tepat dibawah gerbang seperti pura yang ada di Bali ini akan terlihat sebuah bangunan yang merepresentasikan sebuah bahtera Nabi Nuh As. Banguan ini cukup besar dan megah dan terdapat sebuah patung yang cukup tinggi berdiri tepat diatas bangunan ini. Sayangnya kami tidak masuk ke dalam ruangan bangunan ini, mungkin ada penginapan seperti di kapal Titanic kali ya.


3. Patung Tak Terawat

Ada beberapa patung yang tak terawat yang ada diperbukitan, menaiki anak tangganya cukup ekstreem karena pembangunannya sepertinya ngga normal. Lokasinya tepat di bawah patung besar berwarna putih di pinggir jalan. Sebenarnya nggak ada hal yang begitu menarik dari patung-patung ini, hanya saja kalau mau merasakan sensasi horor, boleh cobain main kesini, tapi sendirian ya. Karena tempatnya memang jarang dikunjungi wisatawan.


4. Gereja

Ada sebuah gereja yang cukup besar di Taman Wisata Iman. Bangunannya cukup megah tapi bangunan ini sepertinya di arsiteki oleh orang Indonesia. Sebab bangunannya hampir mirip dengan gereja kebanyakan yang ada di indonesia. Kalau mau ke gereja ini bisa mengendarai kendaraan pribadi atau berjalan kaki. Posisinya tepat dipinggir jalan dan didepannya terdapat hutan.


5. Miniatur Salib Golgota

Diareal TWI ada sebuah taman dimana terdapat tiga buah bangunan salib yang cukup tinggi yang merupakan miniatur dari Salib Golgota, disetiap salib yang berdiri kokoh tersebut terdapat patung yang disalib. Dibagian bawah salib ini terdapat 3 ruangan yang biasa digunakan oleh ummat kristiani untuk berdoa. Kamu yang mau mengabadikan perjalanan mu disini bisa menggunakan jasa photographer yang banyak berkeliaran di sekitar taman ini.


6. Taman Firdaus

Taman Firdaus adalah sebuah taman yang menggambarkan kisah Nabi Adam As dan bersama istrinya Hawa yang ketika itu dihasut oleh Iblis laknat untuk memakan buah terlarang yaitu Quldi. Diareal taman ini terdapat pepohonan pinus yang tinggi menjulang yang semakin menambah keindahan taman firdaus. Terdapat kolam diantara pepohonan dan juga pondok-pondok tempat bersantai. Paling jelas terlihat ketika kita memasuki gerbang Taman firdaus adalah penampakan replika seekor ular raksasa dan panjang yang merepresentasikan dari jelmaan iblis. Tepat di hadapan mulut ular tersebut ada patung raksasa pria dan wanita yang sedang memegang sesuatu (buah quldi), dan itu adalah represetasi dari Adam dan Hawa yang sedang berdialog dengan iblis. Tepat dibawah ular raksasa tersebut terdapat sebuah panggung besar yang biasa digunakan untuk seni pertunjukan. Kita juga bisa masuk ke dalam perut ular melalui pintu-pintu yang tersedia. Fungsi jelasnya belum ngerti, mungkin tempat berteduh ketika hujan kali ya. Dilihat dari prasasti, sepertinya taman ini baru saja dibuat atas inspirasi dari Bupati Kabupaten Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos. Semoga harapan bapak Bupati yang tertuang dalam prasasti tersebut bisa tercapai yah.



7.  Lokasi Perjalanan Salib

Jika dituliskan dalam sebuah cerita, spot yang dimulai dari gerbang perjalanan salib ini adalah cerita terpanjang dari semua simbol agama yang ada di Taman Wisata Iman. Kisah perjalanan Yesus Kristus agaknya dimulai dari gerbang perjalanan salib ini. Mulai dari kandang domba Betlehem hingga14 tahap perjalanan salib yang ada di bukit Golgota serta kebangkitan Yesus jelas tergambar di lokasi ini.



8. Vihara dan Pura 

Ditengah rimbunnya pepohonan terdapat sebuah bangunan berwarna gelap yang dihiasi ornamen berwarna emas, Vihara Saddhavana namanya. Sebuah tempat ibadah dari agama Buddha. Di sisi lain juga dapat kita lihat sebuah bangunan yang merupakan representasi tempat ibadah ummat hindu berupa pura.


9. Gerai Souvenir

Satu hal yang ngga pernah ketinggalan di berbagai tempat wisata adalah pedagang souvenir. Di TWI juga terdapat pedagang souvenir khas Dairi dan juga Sumatera Utara yang terdapat di beberapa titik. Dan yang paling ramai tepat berada di gerbang utama yang berhadapan langsung dengan Taman Firdaus.

Retribusi Masuk Taman Wisata Iman

Harga tiket masuk Taman Wisata Iman berdasarkan peraturan Bupati No. 24 Tahun 2015 Dewasa Rp. 10.000,- per orang. Dan untuk anak – anak Rp. 5.000,-  Biaya parkir di TWI bervariasi, mulai dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda 4. Dan kendaraan roda 2 dibanderol Rp. 2.000 saja.


Waktu Terbaik Ke TWI

Buat kamu yang baru pertama kali akan berkunjung ke tempat wisata religius yang satu ini, disarankan untuk pergi pada saat cuaca cerah ya. Karena jalur menuju lokasi ini sebagian besar perbukitan dan jurang. Jangan lupa, kalau mau berangkat bepergian wisata baca doa dulu yaa. Selamat liburan!

No comments

berkomentar sesuai dengan jatidirimu

Powered by Blogger.