Header Ads

Arsik yang melegenda dan cara menyajikannya

Arsik adalah makan khas batak Toba Samosir, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Makanan yang berbahan dasar ikan mas dibumbui kuning dan rempah-rempah khas asalnya seperti Andaliman, kincung, bawang batak dan bumbu lainnya. Bagi masyarakat Batak makan ini bukan sekedar makanan biasa, namun juga memiliki filosofi dan nilai-nilai tersendiri. Arsik biasanya disajikan untuk upacara adat tertentu. Walaupun demikian, bukan berarti makanan ini tidak bisa dikonsumsi sehari-hari, kita bisa menikmati dan membuatnya kapan saja. Tidak harus menunggu acara adat berlangsung untuk mencicipi makanan yang sangat popular ini. Di acara adat Batak selalu ada Arsik, baik acara pernikahan, kelahiran seorang anak dan acara acara lainnya. Kembali pada Arsik, arsik ikan mas sebenarnya sama dengan masakan ikan mas lainnya yang dibumbui kuning. di warung-warung makanan banyak dijual pedagang dengan varian yang berbeda-beda, tapi tetap menggunakan ikan mas yang berbumbu kuning. Yang membedakan dari arsik batak adalah bumbu khas daerah asalnya yang jarang atau sulit dijumpai di daerah lain, khususnya Pulau JawaSebagian orang Batak yang merantau ke luar Sumatra akan sangat sulit menemukan bahan bumbu untuk membuat arsik yang benar-benar asli. Karena bahan dasar arsik itu terdiri dari Andaliman, buah kincung, dan bawang batak. Ada 3 jenis bahan dasar untuk pembuatan arsik ini dan jarang dijumpai di pasar-pasar tradisional di Jawa. kalaupun ada hanya di pasar tertentu yang penjualnya biasanya orang Batak sendiri. Akan tetapi rasanya jauh berbeda dari arsik yang aslinya.

Di sini saya ambil kesimpulan dan patut berbangga pada bangsa Indonesia khususnya pada masyarakat Batak yang memiliki keunikan tersendiri dari kuliner atau masakan khas daerahnya, yang tidak bisa di samain ke asliannya. Di abad modern saat ini, di mana semua serbah canggih dan cepat, saya atau orang orang Batak yang merantau keluar dari tanah Batak sudah bisa menemukan ketiga bahan arsik tersebut tanpa harus jauh jauh pulang ke daerah asal hanya untuk mendapatkan andaliman, kincung dan bawang batak itu. Di Jakarta atau daerah lain di Jawa yang pada umumnya banyak orang Batak tinggal, biasanya ada dijual di pasar pasar tradisional, walau jumlahnya terbatas dan tidak banyak tapi lumayanlah bisa untuk membuat arsik tidak perlu jauh jauh untuk pulang kampung. Bagi sebagian orang Batak menu arsik ini adalah makanan favorit yang setiap saat selalu di rindukan selain makan khas Batak lain nya. Maka tak jarang di saat orang Batak pulang ke kampung halaman menu ini lah yang pertama kali di cari selain menu menu lain nya. Begitu juga pada saat akan kembali ke tanah rantau tak jarang sebagian orang Batak membawa bumbu bumbu utama dari Arsik dan bahan bahan makanan lainnya yang susah ditemukan di tanah perantauan. Sudah pasti oleh-oleh yang dibawa dari kampung halaman adalah Andaliman, kincung, dan lain-lainnya.

Cara Membuat Sajian Arsik Ikan Mas 

Sajian ikan mas arsik adalah salah satu masakan khas nusantara yang berasal dari Tapanuli. Hidangan ini memiliki cita rasa yang lezat dan begitu nikmat. Nah, ketika hasrat mencicipi arsik ikan mas menghampiri anda, tenang anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Tapanuli. Karena kali ini kami akan berbagi resep membuat sajian arsik ikan mas yang enak dan sedap.

BAHAN-BAHAN:

1. 1 ekor ikan mas ukuran sedang

2. 2 ikat kacang panjang

3. 1/2 ons andaliman

4. 3 ikat bawang batak (lokio)

5. 10 buah cabe keriting merah

6. 2 lembar daun kunyit

7. 5 siung bawang merah

8. 5 buah cabe rawit merah

9. 3 ikat bawang batak (lokio)

10. 2 buah bunga kecombrang

11. 7 buah asam cikala (kecombrang/kincung)

12. 4 lembar daun jeruk

13. 5 buah kemiri

14. 5 potong asam kandi garam secukupnya 3 batang sereh 8 cm lengkuas lada halus secukupnya gula secukupnya

CARA MEMBUAT SAJIAN

1. Bersihkan ikan dengan air bersih sampai bersih. Untuk membersihkan sisik ikan anda bisa melakukannya dengan menggunakan sendok dan menyisik ikan dengan arah berlawan dengan sisik ikan. Sementara untuk insang silahkan bersihkan insang ikan dengan menggunakan tangan dan buang insangnya dan isi perutnya.

2. Setelah ikan dibersihkan, tiriskan airnya dan ambil ikan ke tempat bersih dialasi dengan daun pisang atau alas yang bersih. Lalu berikan perasan jeruk nipis dan garam dan lumuri semua bagian ikan secara merata secara keseluruhan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit agar meresap.

CARA MEMBUAT BUMBU ARSIK:

1. Haluskan bumbu dengan menggunakan ulekan bumbu tersebut diantaranya adalah cabai merah, garam, dan berikan perasan air jeruk nipis. Ulek jangan terlalu halus namun tidak terlalu kasar. Setelah diulek, masukkan pula bawang merah, bawang putih, kemiri, andaliman dan kunyit hingga halus

2. Setelah semua bumbu dihaluskan, berikan sedikit air dan aduk-aduk secara merata. Setelah itu masukkan bumbu halus ini pada ikan termasuk kedalam perut ikan yang bagian bawahnya telah disayat.

3. Pastikan semua bumbu dilumuri pada badan dan bagian permukaan ikan secara merata. Masukkan juga semua bahan sisa diatas bagian permukaan ikan secara merata seperti bawang batak, onje, serai, daun kunyit dan lengkuas.

4. Selanjutnya, siapkan panci dan masukkan sere ke dasar panci dan kacang panjang sebagai dasar, lalu masukkan semua bumbu yang kita lumuri pada ikan. Lalu masukkan ikan beserta bumbu-bumbunya kedalam panci yang telah kita siapkan. Berikan air secukupnya dan masak ikan hingga matang. Berikan garam dan bumbu lalu masak hingga kuah mengental dan matang. Tambahkan daun jeruk dan cabai rawit dan masak hingga layu dan matang.

5. Proses pematangannya dilakukan sampai air ikan tersebut mengering, ini lah yang disebut arsik (kering). Biasanya di masak hingga bagian bawahnya yaitu sere terlihat hitam karena gosong.

6. Setelah matang, angkat dan sajikan kuntuk keluarga tercinta. Hidangan ini akan terasa lebih lezat dan lebih mantap apabila disantap selagi masih hangat bertemankan dengan nasi hangat yang lezat. 

No comments

berkomentar sesuai dengan jatidirimu

Powered by Blogger.