Header Ads

Mie Aceh dan cara penyajiannya

Makanan khas Aceh yang satu ini memang sangat populer dan disukai banyak orang. Namun, Anda tak perlu pergi ke Aceh jika ingin merasakan kenikmatannya. Makanan bercita rasa pedas dan gurih ini bisa dibuat sendiri di rumah karena prosesnya tidak rumit dan bahan-bahannya mudah dijumpai di pasaran.

Jika Anda termasuk penggemar mie Aceh, yuk simak ulasan lengkap ini supaya nanti Anda bisa membuatnya sendiri di rumah:

1. Mie Aceh Menggunakan Jenis Mie Basah

Jenis makanan khas Aceh yang satu ini tidak bisa dibuat dari mie telur bertekstur kering. Salah satu ciri khas mie Aceh justru terletak pada penggunaan mie kuning basah. Tekstur mie ini lebih lembut dan ukurannya pun lebih besar dibandingkan mie telur. Mie kuning basah tidak mudah menjadi lembek meskipun dimasak dengan kuah.

2. Sayuran Pelengkap Mie Aceh

Sajian mie Aceh tentu belum sempurna tanpa tambahan sayuran sebagai bahan pelengkap. Sayuran yang biasanya ditambahkan ke dalam mie aceh adalah tauge, kol, dan daun bawang. Semua sayuran tersebut harus dicuci bersih dengan air mengalir. Kol dan daun bawang harus diiris halus supaya mudah menyatu dengan mie dan bumbunya. Penggunaan sayuran segar akan memperkaya tekstur mie Aceh karena teksturnya masih renyah jika tidak dimasak terlalu lama.

3. Aneka Bumbu yang Harus Ada dalam Mie Aceh

Mie Aceh memang dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya rempah-rempah. Jenis bumbu yang digunakan tergolong banyak dan bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu bumbu yang diiris dan bumbu yang dihaluskan. Bumbu mie Aceh yang diiris terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan tomat. Sedangkan bumbu mie Aceh yang dihaluskan terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya, kapulaga, kunyit yang sudah dibakar, jinten, garam, dan lada. Kalau Anda menyukai mie Aceh yang pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit ke dalam racikan bumbunya.

4. Sumber Protein Hewani untuk Sajian Mie Aceh

Banyak orang gemar menggunakan irisan daging sapi sebagai bahan pelengkap mie aceh. Namun, ada juga yang suka menambahkan kepiting dan udang ke dalam makanan khas Aceh yang satu ini. Daging sapi harus diiris tipis-tipis supaya matang sempurna dalam waktu singkat. Sedangkan kepiting dan udang lebih cepat matang sehingga tidak membutuhkan proses memasak yang terlalu lama. Tak cuma membuat mie Aceh makin sedap, penambahan daging sapi atau seafood akan memperkaya tekstur mie Aceh. Kandungan gizinya juga akan semakin lengkap dan baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

5. Mie Aceh Disajikan dengan Tiga Cara

Ada tiga cara penyajian mie Aceh yang bebas Anda pilih berdasarkan selera, yaitu mie Aceh goreng kering, basah, dan kuah. Bumbu dasar ketiga sajian tersebut sebenarnya sama. hanya, mie Aceh goreng kering di sajikan dengan mie dalam keadaan kering atau tampa kuah. Sedangkan mie aceh goreng basah disajikan mie dalam keadaan basah, tidak berkuah tapi tidak kering. seangkan mie aceh goreng kuah disajikan dengan mie berkuah. Penyajian yang variatif tentu membuat Anda tak pernah bosan menyantap hidangan istimewa yang satu ini.

Mie Aceh dan cara pembuatannya

Resep Mie Aceh Asli Masakan Enak Nan Spesial Favorit Keluarga. Apakah anda salah satu penggemar olahan makanan berbahan mie bernama Mie Aceh? Mie Aceh merupakan olahan mie tradisional dari kota serambi Mekah. Taburan bawang merah goreng, emping dan berbagai bahan lainnya seakan semakin menambah cita rasa dari olahan mie yang satu ini. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya, berikut kami sajikan resep Mie Aceh asli yang spesial dan bisa menjadi menu baru yang menjadi favorit keluarga.

NAMA RESEP: Resep Mie Aceh Asli

JUMLAH PORSI: 2 Porsi

BAHAN-BAHAN

1. 500 gr mie basah

2. 150 gr udang segar yang sudah dikupas dan dibuang kulitnya

3. 150 gr daging (sapi/kambing) yang sudah direbus sebelumnya dan kemudian diiris kecil

4. 1 buah tomat, potong panjang berbentuk segitiga

5. 5 siung bawang merah yang diiris tipis

6. 4 siung bawang putih yang diiris tipis

7. 100 gr kol putih yang diiris halus

8. 100 gr tauge segar yang sudah dibuang sedikit bagian ujungnya (ekornya)

9. 25 gr daun bawang yang diiris halus

10. 10 gr daun seledri yang diiris halus

11. 600 ml kaldu sapi

12. 2 sdm kecap manis

13. 2 sdm kecap asin

14. 4 sdm minyak goreng

BAHAN UNTUK BUMBU HALUS

1. 7 buah cabai ½ ruas jahe

2. 3 buah kemiri

3. ½ cm kunyit

4. 1 sdm merica bubuk

5. 5 siung bawang putih

6. ¼ sdt jinten

7. ¼ sdt ketumbar

8. 3 butir kapulaga

9. 3 butir adas manis (anis)

BAHAN PELENGKAP

1. Emping

2. Bawang merah iris campuran dengan cuka

3. timun

 CARA MEMBUAT BUMBU

1. Siapkan bahan-bahan bumbu halus, kemudian haluskan menggunakan ulekan atau blender (sesuaikan dengan selera anda masing-masing).

2. Siapkan wajan dan juga minyak kemudian panaskan diatas kompor.

3. Masukan bawang merah iris dan juga bawang putih iris ke dalam wajan yang telah panas kemudian tumis sebentar.

4. Masukan bumbu yang telah dihaluskan tadi ke dalamnya, kemudan tumis kembali hingga merata dan tercium wangi dari masakan anda.

5. Siapkan daging udang yang telah dikupas kulitnya, kemudian masukan dalam tumisan anda, dan aduk hingga merata dengan bumbu.

6. Masukan air kaldu yang telah anda persiapkan secara perlahan ke dalam masakan.

7. Tambahkan kol, seledri serta garam untuk memberikan rasa pada masakan bumbu anda nantinya.

8. Masak hingga air kaldunya menyusut dan tidak terlalu banyak.

9. Masukan tomat dan juga toge ke dalam masakan anda bersama dengan kecap manis dan kecap asin yang sebeleumnya sudah dipersiapkan.

10. Masukan mie basah yang telah dipersiapkan dan campurkan bumbu mie dengan mengaduknya.

11. Tunggu hingga mie basah tersebut cukup matang, kemudian angkat dan sajikan dengan acar.

CARA PENYAJIAN

1. Siapkan piring atau mangkok saji anda.

2. Tempatkan mie yang telah selesai direbus di atas piring saji

3. Tata emping dan acar sebagai pemanis dan pelengkap untuk Mie Aceh yang anda buat.

4. Sajikan selagi hangat.

Demikian cara menyajikan mie goreng Aceh asli yang sangat spesial dan bisa menjadi favorit keluarga. Selamat mencoba.

No comments

berkomentar sesuai dengan jatidirimu

Powered by Blogger.